Nama : Dewi Ratna Fahmi Arifin, S.Pd.
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : XII IPS 1 & 2
Pertemuan : -
KD : 3.2.2 Mengidentifikasi struktur keruangan serta perkembangan kota
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami terkait struktur keruangan serta perkembangan
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : XII IPS 1 & 2
Pertemuan : -
KD : 3.2.2 Mengidentifikasi struktur keruangan serta perkembangan kota
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami terkait struktur keruangan serta perkembangan
desa dan kota
Materi : Kota
Strategi : Mengamati peta/citra pengindraan jauh dan/atau tayangan video
Materi : Kota
Strategi : Mengamati peta/citra pengindraan jauh dan/atau tayangan video
tentang pola keruangan kota, pola keruangan kota, dan interaksinya
Metode : Discovery Learning
Pengembangan Materi :
Pengembangan Materi :
Silahkan perhatikan materi berikut ini😊
KESIMPULAN
Kota adalah suatu permukiman dengan kepadatan penduduk yang lebih besar daripada kepadatan penduduk wilayah nasional. Sistem mata pencaharian penduduknya agraris.
CONTOH SOAL & PEMBAHASAN
Kota ini memiliki beberapa kawasan perkotaan dan satu kawasan perkotaan inti yang saling membentuk satu kesatuan pusat kota. Terdapat sistem jaring prasarana wilayah yang sudah terintegrasi. Jumlah penduduknya lebih dari satu juta jiwa. Kawasan perkotaan yang digambarkan oleh informasi tersebut adalah....
Pembahasan:
Kawasan perkotaan yang digambarkan oleh informasi tersebut adalah kota metropolitan. Metropolitan atau kota metropolitan adalah suatu daerah perkotaan besar yang terdiri dari beberapa wilayah administratif dan dicirikan oleh adanya konsentrasi yang sangat tinggi dalam hal penduduk dan berbagai kegiatan industri perdagangan, perbankan, dan lainnya. Kota ini biasanya berintegrasi dengan wilayah di sekitarnya dan memiliki jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa.
LATIHAN SOAL
Tahap perkembangan kota terbagi menjadi 6, sebutkan dan jelaskan serta berikan contohnya masing-masing!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar