Nama : Dewi Ratna Fahmi Arifin, S.Pd.
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : X9
Pertemuan : -
CP : Pengetahuan Dasar Pemetaan
Tujuan Pembelajaran : Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu
1. Menjelaskan jenis-jenis peta
2. Melakukan pengukuran jarak dan arah dengan menggunakan kompas, serta
3. Membuat klasifikasi data, tabulasi data, grafik, dan simbol untuk pembuatan peta.
Materi : SIG (Sistem Informasi Geografis)
Strategi : ✔ Guru memberikan stimulus dengan menampilkan materi tentang peta melalui beberapa gambar peta
✔ Setelah siswa menyimak gambar yang diberikan, guru mengajukan pertanyaan pemantik untuk
menarik perhatian dan keaktifan siswa
✔ Guru memperhatikan semua keaktifan siswa, jika Untuk peserta didik berkebutuhan
khusus disesuaikan dengan jenis kekurangannya dan level pertanyaan disesuaikan
pula untuk melatih kemandirian dan bernalar kritis
Metode : Discovey Learing
Pengembangan materi :
Anak-anak solih dan solihah sebelum masuk dalam materi pembelajaran pada hari ini, silahkan simak video ini terlebih dahulu😊
Setelah menyimak vide diatas, kemukakan informasi apa saja yang kalian dapatkan.
KESIMPULAN
- SIG adalah sistem informasi geografis yang didasarkan pada kerja komputer yang daoat memasukkan, mengelola, dan memanipulasi data serta memberikan uraian.
- Tiga unsur pokok dalam SIG yaitu Sistem - Informasi - Geografis.
- Komponen SIG terdiri dari data, perangkat keras, perangkat lunak, dan manajemen.
CONTOH SOAL & PEMBAHASAN
Jelaskan fungsi perangkat lunak (software) dalam SIG!
Pembahasan:
Fungsi perangkat lunak dalam SIG adalah dapat digunakan untuk melakukan proses seleksi, manipulasi, pengecekan, dan analisis data spasial.
LATIHAN SOAL
Sebutkan manfaat SIG dalam berbagai bidang!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar