Nama : Dewi Ratna Fahmi Arifin, S.Pd
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : XII IPS 1 & 2
Pertemuan : 6
KD : 3.3.1 Mendeskripsikan peta untuk tata guna lahan berkaitan dengan
Interaksi Negara Maju dan Berkembang
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami terkait pemanfaatan peta dalam kehidupan sehari-hari
Materi : Negara Maju dan Negar Berkembang
Strategi : Mengamati peta persebaran negara maju dan negara berkembang serta tayangan
video
Metode : Discovey Learning
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Hai anak-anak solih soliha Ibu
Hari ini kita akan melanjutkan materi kemarin terkait materi Menganalisis Peta
Selamat belajar nak😊😊
Negara maju dan negara berkembang dibedakan dengan indikator, diantaranya yaitu
- Pertumbuhan penduduk,
- Tingkat pendidikan,
- Kesempatan kerja,
- Mata pencaharian,
- Tingkat kesehatan,
- Pendapatan perkapita dan
- Penguasaan teknologi
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
Negara maju dan negara berkembang merupakan pengelompokkan negara berdasarkan kondisi ekonomi. Satu di antara kriteria yang digunakan dalam pengelompokkan tersebut adalah …
A. Pendapatan per kapita.
B. Peningkatan devisa negara.
C. Pendapatan pegawai negeri.
D. Keuntungan dagang antarnegara.
E. Keuntungan perusahaan milik negara
Pembahasan
Kriteria ekonomi yang digunakan sebagai indikator negara maju dan berkemabang yaitu pendapatan perkapita, sehingga jawaban yang benar yaitu jawaban A. Pendapatan Perkapita
LATIHAN SOAL
Sektor pertanian merupakan kegiatan ekonomi utama di negara berkembang. Negara Selandia Baru sektor pertanian mampu menjadikan negara tersebut sebagai negara maju. Keberhasilan pertanian di Selandia Baru disebabkan oleh …
A. Hasil pertanian dioleh menjadi komoditas ekspor.
B. Hasil pertanian mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.
C. Hasil pertanian diolah tenaga ahli dari luar negeri.
D. Hasil pertanian dimanfaatkan untuk ketahanan pangan dalam negeri.
E. Hasil pertanian diekpor dalam bentuk barang mentah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar